Kamis, 05 Oktober 2017

Andong - Delman





Suasana di depan Stasiun Toegoe dan Malioboro tahun 1948 begitu ramainya, perhatikan andong2 itu, saat itu jumlah andong lebih banyak dibandingkan dengan mobil, sebab andong merupakan angkutan umum kala itu, dari zaman dulu sampai sekarang bentuknya tetap abadi tidak ada perubahan, sekarang ini andong menjadi salah satu ikon (ciri khas) kota Jogja, pernahkah kalian punya kenangan masa kanak2 dengan andong ini, biasanya yang saya lakukan "nggandul andong nang mburi" (naik andong gratis).

siapa yang suka naik andong ? adakah kenangan yang pernah dirasakan dengan andong di masa kecil ? Andong atau delman di yogyakarta masih lestasi untuk keliling wisata didaerah alun-alun dan malioboro. wajib naik nih !!! kalau didaerha lain sudah sangat jarang ya tapi di daerah brebes, tegal masih digunakan sebagai alternatif transportasi selain angkutan dan gojek yang sudah masuk daerah ini

naik andong itu enak. silir adem tenang dan lier-lier gimana gitu haha. budaya memang butuh dilestarikan. semoga dengan penataan dan pengelolaan yang benar. andong dapat menjadi daya tarik wisata baru disetiap daerah. 

Credit to : pambudi widodo kerabat jogja


EmoticonEmoticon