Jumat, 21 November 2014

Holiday 3 - Borobudur temple - the great temple in JAVA

Candi borobudur
( Magelang-Jawa Tengah )

Borobudur adalah candi terbesar yang ada di pulau jawa sampai saat ini, borobudur memiliki kedalaman sejarah dan budaya yang sangat mendalam bagi umat agama hindu dan budha, saya sudah 2 kali mengjungi tempat ini dan tidak ada sama sekali rasa bosan . setiap kali meliat pahatan sejarah yang ada didinding candi ini saya seperti melihat sebuah film box office raksasa dalam bentuk lukisan.banyak sekali kisah yang diceritakan dalam pahatan candi termasuk beberapa kisah yang ada dalam pewayangan maupun tokoh-tokoh yang ada seperti dalam cerita mahabarata dll

candi ini memiliki banyak spot bagus, terdapat banyak toko oleh-oleh yang menawarkan cindera mata yang terbuat dari batu, kaos yang sangat murah, asbak, blangkon, alat pijit, dll hehe. pokoknya kalau belanja disini harus bisa nawar. karena dengan menawar kita dapat mendapatkan barang bagus, dengan harga yang bagus. selain toko cindera mata kalau kalian mau naik gajah juga bisa lho... kalau spot yang paling bagus adalah dipagi hari, coba deh nginep di hotel disekitar borobudur dan tanyakan paket masuk dipagi hari. biasanya kalau pagi hari nanti akan diberi semacam kain bercorak bali, kalau udah siang ga kebagian karena terbatas, jangan khawatir kalau yang pingin tau tentang sejarah dll di borobudur juga menawarkan tour guide, kalau cape sekalian sholat disekitar mushola juga ada juru pijat. kurang apa lagi coba ???

ada beberapa candi yang ada berdekatan dengan candi borobudur, jadi sangat rugi kalau ga sekalian kesana menurutku salah satunya adalah candi mendut (dicetakan dibagian yang lain). 

Tipsnya adalah :
1. kalau yang gak kuat panas nyewa payung aja deh, murah cuma 5000 sampai selesai
2. buat yang ga kuat cahaya yang terlalu sialau juga beli kacamata dulu, biar gak sakit kena pantulan cahaya dari dinding
3. bawa minuman, karena diatas itu panas dan gak ada yang jual minuman
4. isi baterai dengan full biar puas memfoto semua sejarah ceritanya
5. kalau mau beli barang jangan lupa nawar, dan harus sabar atau cari yang lain hehe kalau ga beli rugi deh, barang-barang oleh-oleh disini termasuk sangat murah (bagi yang bermata jeli) .

dan himbauannya adalah please jangan buang sampah sembarangan di kawasan candi, kalaupun anda makan bawa sampahnya sampai kebawah disana ada ko tempat-tempat sampat yang disediakan, okey... janji ya ! hehe yang kedua jangan duduk-duduk di candi yang paling atas karena dilarang
 (ada petugasnya) terus kalaupun mau membuktikan kalau memegang arca yang yang ada didalam candi please disentuh aja ga usah digaruk-garuk atau dipegang terlalu lama karana menurut penelitian semakin sering dipegang ternyata lapisan batu semakin memudar, jadi sudah mulai banyak arca atau lukisan yang berubah atau tidak nampak, bahasa fotografinya dikatakan ngeblur kali ya hehehe.... maksudnya kan kalau kita bisa menjaga tempat-tempat wisata ini, suatu saat anak cucu kita masih dapat menikmati keindahan panorama ini.

recomended to visit !

Dokumentasi :

gambar candi borobudur dari pintu masuk


besama taslim menuju kepintu masuk

candi dari pintu keluar (terlihat ada bagian yang terenovasi ataupun mau diadakan pemugaran


salah satu relief candi

 

salah satu relief candi yang mnggambarkan sepasang kekasih


patung budha yang ada di pintu timur

Holiday 2 - Kawah Putih - The White Lake of Lawu

Kawah Putih 
(lawu)


lawu sang daerah para dewa (menurut mitos) ini memang ajib banget gan, banyak kawasan wisata yang seru dan keren yang ada di daerah ini. salah satu kawasan wisata tersebut adalah kawah putih. kawah putih bener-bener buat lupa kalau ini ada di Indonesia, hemm... kesimpulannya indonesia memang kereen ! ga kalah sama destinasi wisata di luar negeri, bahkan mungkin lebih baik ya hehe. negera tanah air inyong (aku bahasa tegal) gitu :D

dikawasan kawah putih ini, wajib ya yang gak tahan sama bau belerangnya wajib pake bgt menggunakan masker. oh iya danau yang menyerupai kawah ini sebenarnya adalah kawasan yang memiliki sulfur atau belerang yang sangat tinggi jadi kawahnya bewarna putih gitu hehe. tapi ajib banget ko !

bersyukur diajak kesini sama agan taslim,taufan, resti, izul dan mbak eci. pokoknya kawasan ini cetar membahana kata teteh syahrini hhe... kawasan ini juga tergolong sangat terawat dan bersih, sudah ada stand oleh-oleh, mushola, kamar mandi yang menambah kenyamanan

didaerah ini juga terdapat goa-goa banyak banget sampe ga apal namanya hhe, kalau mau melihat terlusur aja dari samping kiri, danau air tawar juga ada telursur dari jalan kecil sebelah kanan. kalau buat foto menurut saya semua tempat luar biasa fotogenic hehe...

yang pasti gak rugi deh kemari !!!

dokumentasi foto :




Holiday 1 - pantai ngetun (Hiden place at Yogyakarta)


Pantai Ngetun
(yogyakarta)

Pantai ngetun merupakan gugusan pantai yang berada di gunung kidul,wonosari, yogyakarta, pantai ini belum banyak di ketahui dan di datangi pengunjung, jadi untuk anda yang ingin liburan di tempat yang privat sambil menunggu matahari terbenam/terbit disini adalah salah satu tempat yang patut dikunjungi.




gambar 1. Foto ngetun dari bukit (www. pasirpantai .com)


pantai ngetun merupakan salah satu pantai berpasir putih, air pantai ini sangatlah bening, mau cari keong, sifut, bintang laut, koral kecil, kerang disini banyak banget. pantai ini berada sebelum pantai pok tunggal/siung ada sd belok kekiri, dari belokan sd lurus aja nanti ada tanda petunjuk kepantainya. 

mungkin banyak pertanyaan ya yang pembaca ingin tanyakan, saya akan coba membaca pikiran anda hehe...

kenapa sih ga ada petunjuk yang jelas dari jalan raya ?
jawabannya karena tempat yang seperti destinasi wisata yang seperti surga ini ga bakal mudah untuk ditemui, pokoknya yakin aja sama petunjuk yang sudah ada. dan saya jamin ketika anda sampai ke tempat ini perjalan anda akan sangat terbayar :)



kalau kebelet pipis dan laper pas dipantai gimana ?
tenang aja di dekat pantai sudah terdapat warung kecil dari warga dusun yang menawarkan minuman dan snack ringan, ditambah toilet pun sudah ada disertai air bersih (terimakasih mahasiswa KKN UGM yang sudah memberikan jalan akan pembuatan saluran air bersih).

harga tiket masuknya ?
100 % gratis

Saran penulis bila berkunjung ke sini apa? 

1. siapin kacamata yang soft biar nyaman 
2. isi penuh/bawa power bank buat HP/Tab/ kamera anda  
3. bawa tenda misal mau menginap
4. bawa minum sendiri 
5. jangan pernah berbalik arah sampai pantai ngetun ditemui
6. bawa koran/tiker buat duduk
7. isi bensin jangan sampai abis dijalan hhe

dan pesen yang terakhir pokoknya tempat wisata ada itu untuk kita bisa enjoy tapi please jangan buang sampah sembarangan dimanapun kita berkunjung karena akan sangat mengganggu kenyamanan orang lain saat berkunjung, biasakan membawa dan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan oleh petugas

we are waiting for you to visit in here gunung kidul, yogyakarta

dokumentasi foto :



Gambar 2. penulis dan pantai ngetun


Gambar 3. beningnya pantai ngetun


Gambar 4. teman penulis (taslim)



Gambar 4. pak sarjono, salah satu warga dan pengelola pantai ngetun

Skripsweet ( 2) - "Dosbing 1 vs Dosbing 2"

       Kembali lagi nih cuy , lagi-lagi tetang skripsi yang ga bosen-bosen di bahas, haha...kali ini saya akan berusaha memaparkan (cieeh bahasanya) tentang "dosbing 1 vs dosbing 2", wuih serem banget judulnya ya... tapi ga seserem yang kita bayangkan kok hehe... "vs" disini saya artikan sebagai silang pendapat atau ketidaksesuaian antara keinginan/arahan/pendapat tengtang skripsi kita antara pembimbing utama (dosen pembimbing 1/dosbing 1) dengan dosen pembimbing 2/ dosbing 2, kadang kala hal ini nge-bete-in cuy, pait, au ah gelap dll hehe tapi kalau kita tau bagaimana caa managemen masalah disini kita akan sangat terbantu. ciyus deh...

Pertama-tama kita bahas peran dosbing dulu biar gak melebar kemana-mana. Ada beberapa pertimbangan yang kita harus tahu tentang konsep dosbing skripsi, diantaranya terdapat pasal sakti tentang skripsi :
1. dosen pembimbing selalu benar
2. bila dosbing salah kembali kepasal 1 hehe...
peran dosen pembimbing sangatlah vital, karena beliau-beliau inilah yang menjadi pakar dan peninjau awal skripsi kita, jadi saya sarankan udah turutin ajah hhe.. kalaupun kita ada perbedaan pendapat sampaikan dengan santun dan berdasar, nah berdasarnya inilah yang saya tekankan karena penelitian ini adalah penelitian kita bukan penelitian mereka, jadi kita harus yang lebih tau, oke cuy?? (okein aja udah hhe...)

Nah, sekarang gimana ceritanya kalau dosbing 1 & 2 ga rukun ?? mungkin karena perbedaan pengalaman atau spesialisasi antara dosbing 1 & 2 misal dosbing 1 orang praktisi, atau dosen universitas luar, dosbing 2 dosen universitas tempat kita kuliah atau praktisi dll. emang ada apa ceritanya ? dan mungkinkah ? jawabannya Adaaaaa !!! , kacaukan kalau seperti ini, kita akhirnya akan mengalami kebingungan saat melangkah lebih jauh.

Ada beberapa tips nih buat nyelesain perkara ini yang pertama kita harus memahami kedua tipikal dosen pembimbing kita, kita cari data dari konsultasi antara pembimbing 1 & 2 dan harmonisasikan pendapatnya, sampaikan secara jujur argumen antar dosbing dan apa kendala yang tidak disepakati, kalau ada solusi yang terlontar, simpan dan konsultasikan kembali !! yakin deh dengan banyaknya kita bersilaturahmi eh berkonsultasi kita akan mendapatkan kemudahan dan pahala eh mendapatkan solusi akan permasalah kita (fokus dong penulis !!) hhe maap maap, artinya kita bertindak sebagai APC kalau bahasa gaul farmasinya bagian imun atau perantara pendapat. yang kedua kit a harus ingat bahwa dosen pembimbing bukan segalanya atau mereka yang membuat skripsi, kita lah pemilik skripsi jadi kalau bisa kita sudah memiliki konsep yang matang sehingga dapat lebih mudah ketika berkonsultasi, yang terakhir kita harus yakin bahwa dosen pembimbing 1 & 2 hakikatnya adalah pembimbing atau orang tua kita saat mengerjakan skripsi, jadi... mereka pasti akan bantu kasih tips juga, yang penting jangan malas untuk menjemput bola, menggiring, menggocek dan mengoperkannya kepada penyerang (fokus penulis, fokus !!! hehe) ...

Kesimpulannya adalah : berdoa, berusaha, mencoba memahami, dan satukan insyallah akan didapatkan skripsi yang SAMAWA hehe...

Rabu, 19 November 2014

Skripsweet (1) - begining

hello netizen yang luar biasa,
kali ini saya sedang menjalani fase metamorfosis mahasiswa (cieeeh), terus ? penting apa buat kita ? haha penting banget...metamorfosis proses menuju gelar S1 S.Farm, bukan sarjana pertanian lho ya... tapi sarjana Farmasi , keliatan kan tulisan penulis acak kadut, kalau tulisanku rapi pasti udah nyaingi wiliam sakespere (itu loh tokoh penulis terkenal) haha ngimpi banget...

skripsi itu proses yang membutuhkan kesabaran pake bingit, bagaimana kita harus bolak balik kencan dan minta ketemuan sama dosen pembimbing, bolak-balik revisi, bolak balik cari perijinan dsb. (curcol dikit hhe), tapi jangan dibuat susah, pokoknya jalanin aja dengan sabar dan telaten insyallah hasilnya sempurnaaa (ngarep dikit).

saat ini penulis telah sampai di tahap pengajuan judul, skripsi itu pokoknya harus sistematis dan nurut apa kata buku/pedoman/buku sakti yang bernama "paduan akademik", pokoknya mau disitu disuruh ngerjain skripsi atau nulis bab 1-3 sambil joget dan guling-guling pun harus wajib dikerjakan, inget sekali lagi WAJIB !!!  alasannya apa ? alasannya kalau kamu mau ke yogyakarta dari tegal ngapain lewat rute tegal - bali - lombok - jakarta, kan bisa lewat jalur semarang atau ajibarang yang jelas buku sakti ini di buat tuh buat jadi petunjuk kita kalau ga dituruti bisa tersesat kita haha. pokoknya yakini dulu kalau pedoman akademik ini adalah buku sakti !!!

jadi agen skripsi itu jangan alergi ke perpus, jangan alergi kepoin bagian akademik (bagian administrasi kampus), kepoin temen (karena informasi bisa dateng dari mana aja) dan yang paling penting jangan malu ketemu orang birokrasi maupun dosbing, sekiler apapun mereka. lha ko gitu ??
skripsi itu intinya nurut, dalami dan "bermain cerdas". karena skripsi itu cuma 1 kali seumur hidup pokoknya gak bakal asik deh S1 kamu sebelum cobain skripsi (ya iyalah hhe).

skripsi itu amazing banget, pokoknya bisa membuat mahasiswa bertaubat dari semua kesenangan dan titik nyamannya. karena kita dituntut harus bekerja efektif dan efisien, ga boleh ada pemborosan waktu atau kata sedikitpun di lembar skripsimu, apalagi curhatan atau goresan kenangan, ga usah ditulis juga takut hasil akhir skripsinya tidak signifikan hahaha... faktor lainnya yang paling penting adalah ayah dan ibu sudah menunggu kabar gembira dari kita, masa iya kita ngecewain mereka yang udah mati-matian kerja keras untuk kita, anaknya yang unyu-unyu ini haha... pokoknya gaaasss poooolll !!!!
segitu dulu deh pembuka perjalanan saya, kita bertemu lagi di bagian pojok skripsi yang lain hhe...